Sabtu, 21 Maret 2015

Tips Asik Menghadapi UN

Tips Asik Menghadapi UN


Tips Asik Menghadapi UN!Bismillah…
Gak kerasa banget UN sudah di depan mata.  Saya masih ingat banget, dulu waktu mau menghadapi UN baik waktu SMP atau SMK, sering nemu ritual-ritual yang gak penting.  Salahsatu-nya adalah minum air dari orang pintar.  Iya saya juga bingung dimana hubungannya mau menghadapi UN sama minum air, emangnya ngerjain soal entar sambil lari-lari di lapangan apa?
Saat detik-detik menghadapi UN perasaan dan pikiran pasti rasanya campur aduh gak karuan jadi satu.  Bisa diumpamakan ngadepin UN itu kayak ngadepin calon mertua.  Tapi selama ini saya menghadapi UN, saya gak pernah takut, apa lagi takut kalau gak lulus.
Nah pada kesempatan kali ini saya mau bagi-bagi Tips Asik Menghadapi UN buat adik-adik yang mau berperang melawan ketidak lulusan, fersi saya, yeah ini yang gue lakuin saat menghadapi UN. Oke langsung aja kita mulai…

Tips Asik Menghadapi UN!

1.Jangan Panik 
Hindari perasaan panik saat menghadapi UN, karena panik malah akan membuat kalian bleng saat mengerjakan soal-soal nanti.  Kalian sudah ikut bimbel, tiap malam mati-matian belajar mengulangi pelajaran dari awal, dan udah minum banyak air dari orang pinter, tapi kalau rasa panik muncul soal yang seharusnya kalian bisa jawab, tiba-tiba lupa cara ngerjainnya gimana.  Maka dari itu jangan pernah panik, woles aja.

2.Jangan Banyak Belajar 
Kalau baca judulnya jangan salah paham dulu.  Maksud saya disini bukan ngajak kalian gak belajar saat menghadapi UN, tapi maksud saya jangan terlalu banyak belajar.  Jangan sampai karena kalian kebanyakan belajar, ngapalin banyak rumus, dan bimbel sampai subuh, tapi bisa bikin lo jadi sakit gimana hayo?  Kebanyakan nyerap materi juga gak baik buat otak.  Dan yang pasti jangan belajar saat dipaksa, karena hasilnya bakalan beda dengan belajar saat hati lagi mau.

3.Represing 
Ini ada hubungannya dengan poin 2, kebanyakan belajar emang bisa bikin stress.  Nah maka dari itu ada baiknya untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bisa bikin otak tenang, bisa dengan berolahraga, jalan-jalan, main game, atau apa aja yang bisa bikin otak dan  hati kalian jadi nyaman. 

4.Doa dan Usaha
Doa tanpa usaha rasanya kayak makan bubur tanpa sendok, dan Usaha tanpa Doa rasanya kayak mau makan bubur tapi tukang bubur-nya gak ada.  Doa dan Usaha memang saling berhubungan, sepintar-pintarnya orang kalau dia sombong Tuhan bisa aja murka dan sekejam dia bakalan jadi idiot.  Nah jangan lupa kalau udah usaha belajar buat UN udah mati-matian, mendekatlah dan minta bantuan kepada-Nya juga.

Biasanya Sekolah menjelang UN, akan mengadakan sholat berjamaah meminta memohon doa untuk kelancaran UN nanti.

Itu dulu Tips Asik Menjelang UN dari saya. Saya doa’in nanti UN nya lancar ya. Sebagai Penutup saya punya Quote buat kalian yang mau menghadapi UN.

UN memang menentukan lulus atau tidak-nya kalian saat Ujian nanti, tapi perlu kalian ingat, UN bukan akhir segalanya.

Daftar Pustaka
http://www.adittyaregas.com/2014/04/tips-asik-menghadapi-un.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar